Jumat, 27 November 2009

Cara Defrag Komputer, dan seberapa sering butuh Defrag Komputer

Fragmentasi sistem file adalah hal yang tidak dapat dihindari, setiap kali menggunakan komputer, setiap kali membuat atau menghapus file, Anda berkontribusi terhadap fragmentasi dari sistem file komputer, semakin sering, maka komputer anda akan menjadi lebih lambat. Fragmentasi terjadi ketika sistem operasi komputer gagal mendapatkan ruang yang bersebelahan untuk menyimpan berkas yang lengkap sebagai satu unit. Butuh defragmentasi secara berkala untuk mengurangi efek pelambatan komputer. Defragmentasi menyusun data terfragmentasi sehingga hard disk Anda bisa bekerja lebih efisien. Dianjurkan untuk melakukan defragmentasi hard disk Anda tiap dua atau tiga bulan, tergantung bagaimana Anda menggunakan komputer Anda.




Untuk defragment komputer Anda, klik dua kali pada folder My Computer,untuk membukanya kemudian klik kanan pada drive yang ingin Anda defragmentasi. Sebuah menu akan muncul yang memungkinkan Anda untuk klik "Properties". Cari "Tools" dan klik tab di atasnya. Ketika tab Tools diklik anda akan disajikan dengan tiga panel. Klik pada tombol Defragment Now... dan defragmentasi akan mulai. Ini akan memakan cukup waktu untuk menyelesaikan defragmentasi. Dialog Defragment Disk akan muncul. Pilih drive yang ingin Anda defrag, Defragmentasi akan mulai.
Ada juga beberapa perangkat lunak yang dapat digunakan untuk defragmentasi drive anda ,lebih cepat daripada program defragmentasi standar Windows. Coba gunakan Smart defrag, itu adalah perangkat lunak gratis yang dapat Anda download. Sangat mudah digunakan. Setelah selesai instalasi akan meluncurkan perangkat lunak. Anda akan melihat tombol kolom di sebelah kiri dan dua di sebelah kanan panel. Panel atas memungkinkan Anda untuk memilih drive untuk defrag. Anda cukup klik pada tombol radio dari drive Anda ingin defrag. Panel yang lain di bawah menunjukkan proses defragmentasi saat defragmentasi sedang berlangsung. Setelah Anda memilih untuk men-defrag drive, cukup klik pada tombol di paling atas kiri yang merupakan tombol Degrag sekarang. Anda akan melihat progres defragmentasi disk dalam panel.

Sebenarnya ada sejumlah alat defragmentasi yang dapat digunakan. Gunakan mesin pencari Google, banyak software yang baik ada di sana untuk defragmentasi dan pemeliharaan harddisk anda.

sumber: diolah dari berbagai sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar