Jumat, 06 Agustus 2010

Paket Internet Super Hemat dengan 3 (Tri)

Beberapa hari terakhir ini ,saya menggunakan koneksi internet menggunakan modem HSDPA D-Link, produk ini sudah pernah saya review sebelumnya, dan operator GSM yang saya pilih adalah 3 (Tri) . Alasan pertama memilih operator ini karena melihat iklannya di TV yang menawarkan paket 500MB seharga Rp. 25.000. Pertama masih ragu, bisik-bisik tetangga banyak mengatakan kalau signal 3 masih lemah, atau jangkauan signalnya tidak seluas operator GSM lainnya. Tapi namanya juga mau coba-coba, maka sebelum beli saya tanya dulu sama yang jual SIM Card-nya didekat rumah, apa didaerah saya tinggal signal 3 cukup bagus atau tidak. Secara tegas si empunya counter yakin kalau sinyal 3 bagus, maka jadilah saya membeli kartu perdana 3. Setelah kartunya diaktifkan, dan ngedaftar paket internet 500MB seharga Rp. 25.000, maka saya siap berselancar lagi di dunia maya. Hasilnya?
Ya, sangat memuaskan. Selama ini saya telah banyak menggunakan paket internet baik dari operator CDMA atau GSM, dan secara kecepatan masih unggul dibanding operator CDMA, tapi tidak kalah jauh kalau dibanding operator GSM yang lain. Yang paling memuaskan tentunya harga paketnya yang super murah, untuk kapasitas data yang sama 500MB, operator lain mematok harga minimal Rp. 100.000-an. kecepatan atau speed yang dijanjikan mencapai 1.8 Mbps, tapi mungkin tergantung wilayahnya juga kale ya, dan juga tergantung jam / tingkat kesibukan trafiknya. Pada kenyataannya kecepatan tertinggi yang saya dapat bisa mencapai 1 Mbps. Sangat lumayan untuk bisa browsing internet atau bahkan buka video streaming sekalipun.

Berikut list paket harga yang ditawarkan oleh operator GSM 3, saya ambil dari situsnya www.tri.co.id, dimana kuota ini berlaku untuk 1 bulan, bila dalam masa belum satu bulan, pemakaian sudah melebihi limit , maka kecepatan kembali ke normal, maksimal 64 Kbps.

Paket 500 MB seharga Rp. 25 ribu
Paket 1 GB seharga Rp. 35 ribu
Paket 2 GB seharga Rp. 50 ribu
Paket 5 GB seharga Rp. 99 ribu

Cara mendaftar hanya dengan menghubungi nomor telp *234#, atau bisa juga mendaftar melalui sms dengan format MAUnamapaket, kirim ke 234. Untuk berhenti berlangganan STOPnamapaket, kirim ke 234. Misalnya untuk paket 500MB, untuk berlangganan kirim sms MAU 500MB, untuk berhenti berlangganan kirim sms STOP 500MB.


Untuk pengguna HP, jangan lupa settingan APN diubah menjadi seperti ini:
APN Name : 3data
Username    : 3data
Password    : 3data
Dial Nomor : *99#
Authentication : Default

Namun sayangnya, jaringan HSDPA dari operator ini sementara baru tersedia di kota Jakarta dan Surabaya.

2 komentar:

  1. Yup, hitungannya jadi lumayan murah koq, secara 500MB untuk harga 25rebu.

    Tapi cek dulu, signalnya dapet apa ga, tapi dari situsnya 3 jaringan HSDPA meliputi wilayah Jakarta dan Surabaya, cuman ga tahu sebatas mana Jakarta-nya.

    BalasHapus