Sabtu, 24 Juli 2010

Bisnis Domain yang menggiurkan

Beberapa bulan terakhir saya mulai ikut-ikutan bisnis jual beli domain, dimana garis bisnis ini adalah membeli atau register sebuah nama domain, seperti jumabatu.com, dan menjualnya kepada seseorang pengguna yang membutuhkan nama domain ini. Atau bisa juga dijual kepada sesama domainer (istilah untuk pebisnis domain) dengan harga reseller.

Bisnis yang sangat menggiurkan, satu domain yang diregister seharga $9 bisa dijual kembali dengan harga $100, 10X lipat, atau bisa saja dijual kembali dengan harga mencapai $500, atau bahkan $1000. Salah satu penjualan yang besar adalah Poker(dot)org terjual seharga $1juta. Wow, harga yang sangat besar untuk sebuah nama domain yang harga registernya tidak lebih dari $9.
Mengapa ada orang mau membeli domain seharga itu? Hal terpenting dalam sebuah situs adalah jumlah pengunjung atau traffic. Nama domain yang berkualitas adalah modal utama sebagai jaminan untuk meningkatkan traffic. Banyaknya jumlah orang yang mencari keyword domain tersebut lewat search engine juga ikut mendongkrak harga domain. Sebuah nama domain generic juga bisa mengurangi biaya promosi perusahaan. Ekstensi dari sebuah domain juga ikut menentukan harga, dan saat ini ekstensi .Com adalah yang paling populer dan harnya lebih mahal dibanding ekstensi domain lain.

Tapi saat ini domain berkualitas sebagian besar telah diambil oleh para domainers kelas kakap, tapi tetap masih ada peluang untuk mencari celah dari bisnis ini. Dengan persaingan yang ketat, kita tetap bisa berharap mendapat sebuah domain berkualitas, baik yang benar-benar belum diregister atau domain yang drop atau tidak diperpanjang pemilik sebelumnya. Dan perkembangan industri online dan bertambahnya beberapa ektensi domain yang baru tetap memberikan peluang untuk kita bisa mendapat profit. Dan kedepannya, dunia online Indonesia akan semakin bergairah, dan pastinya masih besar peluang bisnis domain untuk market Indonesia.

Tapi kita harus berhati-hati dengan kemungkinan melanggar TradeMark, karena secara hukum kita tidak dibenarkan meregister sebuah nama domain yang berhubungan dengan merek dagang perusahaan lain, apalagi bertujuan untuk mendapatkan untung dengan menggunakan nama domain ini.

Beberapa situs yang bisa dijadikan tempat meregister domain:
- Godaddy.com
- Name.com
- Enom.com
- Moniker.com
- NameCheap.com

Situs atau forum yang bisa digunakan sebagai referensi perkembangan bisnis domain:
- NamePros.com, Forum Diskusi dan situs Jual Beli Domain
- PasarDomain.com, Forum Diskusi domainer lokal
- Sedo.com, market place domain
- DNJournal.com, berita dan perkembangan bisnis domain

Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar