Sabtu, 20 Maret 2010

Perintah Find dan Replace dalam Excel

Seperti halnya software lain yang sebagian fungsinya untuk mengolah teks atau tulisan, biasanya dilengkapi dengan fungsi atau perintah Find dan Replace. Demikian juga dengan software Excel memiliki perintah Find dan Replace, yang tentunya sangat berguna ketika mengedit tulisan dalam jumlah banyak. Tujuan penggunaan kedua perintah ini tentu saja untuk mencari dan mengganti teks sesuai dengan kriteria yang kita tentukan sendiri.

Kedua perintah ini dalam Excel 2003 dapat ditemukan melalui menu Edit - Find, atau dengan shortcut CTRL+F, atau ALT-E-F, sedangkan perintah Replace dapat ditemukan pada menu Edit - Replace, atau dengan shortcut CTRL+H, atau ALT-E-E


Perintah FIND hanya dapat digunakan untuk menemukan tulisan yang ada dalam sheet, tapi perlu diingat perintah Find dan Replace tidak bisa digunakan untuk mencari tulisan atau teks yang ada dalam objek seperti Chart, TextBox, Comment, dll. Find hanya untuk mencari teks, sedangkan Replace adalah perintah Find yang dilengkapi dengan tambahan fitur untuk mengganti teks yang dicari dengan teks yang lain. Bandingkan kedua menu tampilan perintah Find dan Replace dibawah ini:




Gambar menu sebelah kiri menunjukkan tampilan pilihan perintah FIND, sebelah kanan untuk perintah REPLACE. Bisa dilihat bahwa perintah Replace sebenarnya adalah versi lebih lengkap dari perintah FIND.

Berikut kita membahas beberapa tombol perintah yang ada dalam menu diatas


Find What, pada kolom ini isikan tulisan atau kata yang ingin anda cari
Replace With, isi kolom ini sebagai pengganti teks yang diisi pada kolom Find What
Find Next, Excel akan mencari cell yang memiliki teks sesuai dengan yang anda isikan pada kolom Find What, dan kursor langsung dipindahkan menuju cell yang ditemukan
Find All, Excel mencari semua cell yang mengandung teks yang disebut pada kolom Find What, dan semua cell yang ditemukan dilisting dibawah menu Find And Replace, seperti yang ditunjukkan dalam gambar berikut



Replace, mencari cell yang mengandung teks dari kolom Find What, dan mengganti dengan teks yang ada dalam kolom Replace With.
Replace All, sama halnya dengan tombol Replce, tapi melakukan penggantian secara keseluruhan tanpa kursor dipindahkan kemasing-masing cell, sehingga kita perlu berhati-hati dalam menggunakan perintah ini.

Klik tombol Options untuk mengatur metode pencarian dan penggantian yang lebih spesifik, kita bisa mengganti berdasarkan format cells, misalnya kita mencari cell yang warna latarnya Kuning, dan diganti dengan warna Merah, atau mencari berdasarkan kolom atau baris tertentu saja. Perhatikan gambar dibawah ini.



Semoga bermanfaat...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar